Istilah Dan Pengertian Dalam Ilmu Membatik

Pengertian beberapa istilah dalam membatik kain, menyerupai nglowong, nembok, medel, mengerok. dan juga urutan langkah dalam membatik
Mula-mula kita menyiapkan kain mori, untuk batik tulis perlu disiapkan dahulu kain yang sudah dipola dan adonan lilin. Jika semua alat dan materi sudah siap kita dapat melaksanakan membatik. Berikut ini kami jelaskan wacana istilah dalam membatik dan urutannya.
1. Pengertian Nglowong.
Nglowong ialah pekerjaan pelekatan lilin yang pertama dan lilin ini merupakan kerangka motof batik yang diinginkan.
2. Pengertian nembok
Nembok ialah menutup bidang-bidang kain sesudah diklowong dengan lilin yang kuat. Pada kawasan atau bidang yang tertutup lilin tembokan nantinya akan tetap berwarna putih.
3. Pengertian Medel
Medel dalam ilmu batik ialah memberi warna biru renta pada kain sesudah kain dibatik cap atau dibatik tulis. Untuk kain sogan kerokan, medel ialah proses pewarnaan pertama yang diberikan pada kain.
4. Pengertian mengerok
Mengerok ialah menghilangkan lilin batik pada bab tertentu, cara mengerok lilin dengan memakai semacam pisau dari kaleng yang ujungnya dibengkokkan atau disebut juga dengan cawuk.
5. Pengertian Mbironi
Mbironi ialah pekerjaan yang dilakukan untuk menjaga warna biru atau warna putih tidka kemasukan warna lain. Bagian yang kan diwarnai biru ditutupi dengan lilin dahulu.
6. Pengertian Menyoga
Menyoga ialah memberi warna cokelat pada batik, untuk kain batik solo dan yogya menyoga dilakukan sebagai pewarnaan terakhir.
7. Pengertian melorod
Melorod ialah proses menghilangkan lilin batik secara keseluruhan. Jika kit menghendaki kain ada yang berwarna putih maka kita harus menutupi lagi dengan lilin.
8. Mengepres dan menyetrika
Proses menyetrika dalam batik dilakukan sesudah kering, kain batik yang akan dicuci dan diberi kanji dipres dan disetrika dangan suhu yang tidak terlalu panas semoga warna batik tidak berbah.

Nahh, bekerjsama istilah dalam ilmu membatik itu sangatlah banyak, di atas hanya sedikit saja beberapa istilah dalam membatik. Kebanyakan istilah tersebut juga berasal dari bahasa jawa yang kita kurang mengetahuinya. Bagi yang sedang berguru membatik teruslah berguru dengan rajin untuk meneruskan salah satu warisan leluhur kita ini. Motif dan model batik baik dari kota solo, yogyakarta, pekalongan dan bahkan batik dari beberapa kota menyerupai motif batik semarang, pati, salatiga, blora, klaten semua sudah mempunyai ciri khas batik sendiri-sendiri di setiap kota maupun kabupaten. Pasar batik kini masih luas sampai luar negeri banyak peminatnya.



Comments

Popular posts from this blog

Pilih Mana Sekat Dinding Dari Kalsiboard Grc Atau Pilih Triplek

Cara Membunuh Dan Membersihkan Rumput Di Sela-Sela Conblock, Paving Tanpa Harus Mencabuti Satu Persatu

Biaya Pemasangan Toren Tangki Air Di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Dan Bekasi